Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Hey You Do Not Copy Paste My Blog!!! appreciate my work as a blogger

Monday, 17 February 2014

Jadilah Penulis Sadar Diri

Mengukir sejarah melalui cerita memang mudah tapi apa bedanya mengukir cerita melalui tulisan? Butuh ide kreatif dalam menulis, menarik minat pembaca dan mengomentari artikel yang kita tulis itu memang benar-benar butuh pemahaman. Bisa dikatakan menulis memang susah-susah gampang. Walaupun tulisan yang ditulis tidak maksimal setidaknya jadikan menulis sebagai hobby. Sering-sering membaca berita ataupun artikel lain dari tetangga sebelah bisa menjadi masukan dalam menulis. Itulah yang akan ada dikepala kita apa yang mau ditulis dalam sebuah tulisan. Ada baiknya saat menulis jangan menyudutkan nama orang lain, sebuah perusahaan atau apalah yang anda tahu. Bisa-bisa kena hukum! Memang sih konten sebuah tulisan yang disebar bersifat bebas tapi berhati-hatilah dalam menulis contohnya kasus x terhadap RS dan kasus A terhadap berita miring.

Walaupun saya bukan ahli IT setidaknya saya belajar secara otodidak mengenai prinsip-prinsip hukum dalam memuat artikel di sebuah blog. Banyak tulisan kita kena copy paste tanpa menyebutkan siapa pembuat artikel tersebut. Sebaiknya jika ingin artikelmu disebar dalam suatu blog orang lain ada baiknya bertanya dulu dan ingat cek tanggal penulisannya maupun nama penulisnya. Memang banyak sekali blog-blog yang di copy paste dari blog lain dan menyebutkan artikel dari mana blog itu di dapatkan. Tapi jika ingin blogmu aman dari copy paste belajarlah membuat blog dan kunci tulisanmu agar tidak kena copy paste. Sebagaian orang seperti saya memang awam dalam mengotak atik blog setidaknya saya belajar dari kasus tersebut.

Ada baiknya usahakan menulis sesuai dengan peminatan karena akan sangat menarik dikunjungi pembaca blogmu. Tantangan terbesarnya adalah click adsense dimana kamu berpeluang mendapatkan uang dengan mudah. Caranya cukup pembaca membuka blogmu taraaaaa dan jadilah uang masuk kerekeningmu hahaha.. (yang ini saya belum mencobanya karena waktu saya tersita hanya menulis blog di ponsel pintar bukan dengan laptop/ komputer) duh...

Yang paling berkesan adalah chatbox dimana pembaca bisa meninggalkan tulisannya disana. Dan kamu bisa mengunjungi balik blog yang ada di chatbox, sangat mudah bukan? Tapi jangan lupa untuk membalas setiap isi chatbox yang dikirimkan kepadamu. Oh ya satu lagi pesan masuk dalam artikelmu kudu wajib dibalas karena akan menaikan pembaca lainnya untuk mengunjungi blogmu.

Tidak masalah blogmu bagus atau tidak yang penting isi tulisan dalam artikelmu. Sebab pembaca lebih tertarik membaca tulisanmu dibanding harus melihat background blogmu hehehe. Yang harus diingat adalah tata peletakan isi tulisan dalam blogmu sangat diperhatikan pembaca. Sebab jika tidak perlahan-lahan pembaca akan menyingkirkan blogmu.

Sekali lagi saran saya, jadilah penulis inspiratif yang bisa membuat pembacamu akan berbalik lagi membaca artikel-artikelmu yang lain. Dan ingatlah jangan berbau SARA, politik, ataupun menyudutkan orang lain yang terkena masalah, dan andapun akan ikut dampak terkena masalah tersebut. Tidak mau kan? Yihaaa....

Dan ingatlah apa tujuan anda menulis maka orang lainpun akan paham apa yang ingin anda tuangkan dalam artikel yang anda tulis.

Selamat menulis

Salam,
Dear Diary.

No comments:

Post a Comment

Tenkyu sudah tidanggalkan komenmu